Gunakan Kupon “TOPSALES” Untuk 10% Diskon

Langkah-Langkah Mudah Membuat Iklan di Facebook

Apakah Anda berminat untuk membuat iklan di Facebook? Sebagai salah satu platform media sosial terbesar di dunia, menggunakan Facebook sebagai alat pemasaran adalah langkah yang tepat. Apalagi, saat ini Facebook memiliki fitur Facebook Ads yang membuat iklan-iklan Anda dapat dilihat target secara lebih optimal. Bahkan, banyak perusahaan-perusahaan besar di dunia yang menggunakan fitur ini.

Pembuatan iklan di Facebook dapat Anda lakukan sendiri. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan, yaitu akun Facebook yang aktif, Fan Page, gambar yang lolos peraturan teks atau video, materi copywriting, dan kartu kredit. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Buka Facebook Ads Manager

Pertama-tama, bukalah laman Facebook Ads Manager. Untuk membukanya, Anda sudah harus login ke akun Facebook yang tersedia. Selanjutnya, buka menu Kampanye dan klik Buat Iklan. Terdapat dua opsi dalam pembuatan iklan, yaitu Pembuatan Iklan Terpandu dan Pembuatan Iklan Cepat. Untuk hasil yang lebih baik dan spesifik, sebaiknya Anda memilih opsi Pembuatan Iklan Terpandu.

Tentukan Tujuan Iklan

Apakah tujuan utama dari pembuatan iklan Anda? Nah, Facebook sudah menyediakan 3 pilihan utama; yaitu Kesadaran, Perimbangan, dan Konversi. Kesadaran sendiri terdiri dari 2 macam pilihan yaitu Kesadaran Merk dan Jangkauan. Kesadaran Merk saat membuat iklan di Facebook dipilih untuk meningkatkan brand awareness. Sementara itu, Jangkauan memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan pada jumlah maksimal sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Sementara itu, pada pilihan Pertimbangan, terdapat beberapa macam kategori, yaitu Lalu Lintas/ Trafik, Interaksi, Pemasangan Aplikasi, Penayangan Video, Pembuatan Prospek, dan Pesan. Pilihan terakhir adalah Konversi dengan kategori Konversi, Penjualan Katalog Produk, dan Kunjungan Toko. Klik salah satu yang paling cocok dengan tujuan iklan Anda.

Pilih Jenis Iklan

Berikutnya, Anda bisa memilih jenis iklan apakah Uji Split atau Pengoptimalan Anggaran. Kedua jenis ini tidak dapat digunakan secara bersamaan. Pada jenis Uji Split, Anda diminta untuk membuat dua iklan dengan konten yang hampir sama, misalnya A dan B. Target akan dibagi menjadi 2 untuk melihat iklan yang berbeda. Trafik yang tertinggi dapat dipilih untuk diluncurkan.

Sementara itu, pada pengoptimalan anggaran, Anda dapat memasukkan nominal anggaran yang mampu untuk dibayar. Secara otomatis, Facebook akan melakukan analisa mengenai bagaimana anggaran tersebut digunakan. Bagi pemula serta pengguna dengan dana terbatas, metode ini lebih cocok digunakan.

Tulis Nama Iklan dan Tentukan Target Audience

Langkah selanjutnya adalah menulis nama iklan untuk mengecek performanya. Pilih tujuan trafik dimana Anda dapat mengarahkan tujuan trafik baik ke website, WhatsApp, atau sosial media lainnya. Selain itu, ada beberapa pilihan target audience yang dilihat berdasarkan lokasi, umur, jenis kelamin, dan bahasa.

Langkah-langkah berikutnya adalah menentukan penempatan, memilih jadwal, memilih format iklan, membuat teks, dan memilih gambar serta memasukkan tautan. Jika dirasa kurang sesuai, Anda dapat mengubah pilihan-pilihan tersebut sewaktu-waktu. Kemudian yang terakhir adalah memilih metode pembayaran dalam membuat iklan di Facebook. Pilih yang paling nyaman untuk Anda. 

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat